Cara Mudah Mengatasi Anak Yang Lambat Bicara

Mengatasi anak yang lambat bicara ini memang bisa dibilang cukup membuat orang tua khawatir, terlebih lagi usianya yang sudah mencapai dua tahun lebih.

Penyebab anak lambat bicara ini sebenarnya ada berbagai macam, contohnya saja karena ada salah satu sistem syaraf yang lambat untuk merespon atau pun bisa jadi karena riwayat keluarga.

Namun tentunya anda tak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti selalu ada jalan keluarnya.

Bagi anda yang mempunyai anak namun sangat lambat untuk berbicara, maka sekarang tak perlu merasa cemas karena berikut ini akan dipaparkan beberapa cara mengatsi anak yang lambat bicara.

Ini Dia 3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Anak Yang Lambat Untuk Berbicara

  1. Coba Jelaskan Benda Disekitarnya

Salah satu cara mengatasi anak yang lambat bicara adalah dengan menjelaskan benda yang ada disekitar anak, ini berarti peran orang tua tidak hanya mengenalkan benda yang baru ia lihat saja tetapi sekaligus menjelaskan kegunaan atau manfaatnya. Contohnya saja jika di depannya ada pensil, maka anda bisa berkata padanya “ itu sebuah pena, gunanya untuk menulis diatas kertas atau buku”.
Dengan cara ini, otak anak pun akan berfikir secara perlahan dan mengingat semua yang telah diucapkan sehingga dengan perlahan, anak pun mulai bicara tentang apa yang sudah ia dengan dari orang tuanya.
  1. Ajarkan Anak Kosa Kata


Apabila anak anda belum bisa berbicara sampai usia dua tahun atau bahkan lebih, maka hal ini ada kemungkinan bahwa anak tidak mempunyai banyak kosa kata atau vocabulary. Taukah anda? apabila anak tidak mempunyai banyak kosa kata, maka akan sulit baginya untuk mengatakan sesuatu yang ingin ia sampaikan.
Oleh karena itulah, berikan anak beberapa kosa kata yang mudah saja, contohnya seperti kata “makan, minum, bobok, mandi dan yang lainnya”. Apabila dalam satu hari anak diajarkan 5 kosa kata baru, maka secara perlahan ia pun akan memiliki banyak kata sehingga bisa membuatnya berbicara dengan lancar.
  1. Dengarkan Ia Lagu

Tips mengatasi anak yang lambat bicara selanjutnya adalah dengan membiarkannya untuk mendengarkan lagu, taukah anda? anak yang sering menonton televisi atau yang mendengarkan lagu anak ini bisa mendapat kata baru. Karena ia sering mendengar kata itu, maka tak heran jika anak akan hafal dalam penyebutan kata tersebut.
Biasakan anak untuk mendengarkan lagu anak, ataupun menonton film kartun yang berbahasa indonesia, dengan cara ini maka ia pun akan mendapat kata baru yang bisa membuatnya cepat untuk bicara.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik