Efek Mainan Console Pada Anak

Pada era yang serba canggih ini, permainan console game merupakan salah satu alternatif aktifitas anak yang biasa dilakukan seusai pulang sekolah atau sekedar untuk menghabiskan waktu luangnya. 

Bagi beberapa anak, permainan console game ini memang mengasyikan, sehinga tak jarang anak melupakan waktu belajarnya. 

Efek Mainan Console Pada Anak

Bermain hingga melupakan waktu belajarnya merupakan salah satu efek mainan console pada anak yang negatif atau merugikan. Namun demikian, masih banyak efek mainan console lain yang baik ataupun yang buruk. 

Apa saja jenis dan macamnya?

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam efek mainan console pada anak, baik positif ataupun negatifnya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Keterampilan. Menurut salah seorang pakar perilaku anak, dikatakan bahwa bermain console video game pada anak sebenarnya dapat mengasah keterampilan anak dalam menyelesaikan masalah atau berkreasi, terutama jika game console yang dimainkan memiliki nilai edukatif.
  • Penyendiri. Mungkin inilah efek yang paling sering dijumpai pada anak yang gemar bermain console game. Mereka lebih senang bermain sendiri dibandingkan bermain bersama teman sebayanya. Akibatnya, anak kurang memiliki keterampilan sosial ataupun minim sosialisasi, walaupun sebagian orangtua berpendapat bahwa anak yang gemar bermain console game akan memudahkan pengawasan anak.
  • Gangguan kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, dikatakan bahwa hampir sebagian besar anak yang gemar bermain console game, mengalami gangguan kesehatan mata, seperti rabun jauh atau mata minus. Masih menurut sumber yang sama, dikatakan bahwa gangguan kesehatan mata ini sebagian besar disebabkan terlalu lama memperhatikan layar televisi dalam jarak yang terlalu dekat.
  • Imajinatif. Menurut salah seorang pakar psikolog anak, dikatakan bahwa anak yang gemar bermain console game, sebenarnya memiliki kemampuan imajinatif yang lebih tinggi dibandingkan anak yang lain. Tingginya kemampuan imajinatif ini dipicu oleh banyaknya rangsang visual yang diterima anak.
Demikianlah beberapa jenis dan macam efek mainan console pada anak, baik dalam sisi positif ataupun negatifnya. 

Satu hal penting yang harus selalu diingat keika anak sedang melakukan aktifitas bermain console adalah tema game console yang dimainkan. 

Hindarkan agar anak tidak bermain game console yang bertema kekerasan agar tidak memberikan efek buruk bagi proses tumbuh-kembang psikologis dan emosionalnya. 

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik