Agar Anak Tumbuh Tinggi

Memiliki pertumbuhan tinggi badan yang normal merupakan salah satu indikator yang menandakan bahwa proses tumbuh kembang anak berjalan secara optimal.

Walaupun pada kenyataannya pertumbuhan tinggi badan anak tidaklah sama dan bergantung dari sifat genetis orangtuanya, namun pertumbuhan tinggi badan yang normal dapat diketahui dengan membandingkan tingkat pertumbuhannya secara periodik dalam kisaran waktu yang telah ditentukan.

Agar Anak Tumbuh Tinggi

Terdapat berbagai macam cara atau metode stimulasi yang dapat dilakukan agar anak tumbuh tinggi sesuai dengan tingkat pertumbuhannya.

Apa saja jenis dan macamnya?

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam stimulasi yang dapat diberikan agar anak tumbuh tinggi sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Nutrisi. Asupan nutrisi seperti protein, kalsium serta fosfor merupakan nutrisi utama yang diperlukan untuk pertumbuhan tinggi badan anak. Kombinasi protein dan kalsium akan menyebabkan pertumbuhan garis-garis epiphyseal yang banyak terdapat pada tulang paha dan tulang betis, semakin membesar.
  • Olahraga. Melakukan olahraga secara teratur, terutama yang berhubungan dengan aktifitas lari, lompat ataupun lempar berguna untuk mengoptimalkan kinerja hormin dan enzym, terutama hormon yang berhubungan dengan pertumbuhan tinggi badan. Beberapa jenis hormon yang bertanggung jawab terhadap proses tumbuh kembang anak antara lain hormon testosteron, hormon esterogen dan hormon tiroid. Menurut beberapa penelitian terakhir, hormon somatotropin yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa pada otak juga memegang peranan penting dalam proses tumbuh kembang anak.
  • Terapi hormonal. Pemberian terapi hormonal buatan mungkin diperlukan bagi anak yang memang memiliki tinggi badan yang kurang atau dibawah normal. Hal ini bisa saja terjadi akibat kelainan hormonal, genetis atau gangguan produksi hormon pertumbuhan. Namun demikian, terapi hormonal yang dilakukan dalam jangka panjang justru akan memicu garis-garis epiphyseal menutup lebih cepat, sehingga bisa jadi pertumbuhan tinggi badannya akan berhenti sebelum waktunya.
Demikianlah berbagai macam cara atau metode stimulasi yang dapat dilakukan agar anak tumbuh tinggi sesuai dengan tingkat pertumbuhannya.

Akan lebih baik apabila anak mendapatkan stimulasi ini secara rutin dan berkala agar pertumbuhan tinggi badannya semakin optimal.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik