Mainan Kayu untuk Anak

Mainan dan permainan merupakan salah satu bentuk stimulasi yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik secara fisik, emosional, psikologis hingga kemampuan kognitifnya. 

Mainan Kayu untuk Anak


Begitu pentingnya pemberian stimulasi yang menyenangkan lewat aktifitas bermain dan permainan ini, maka ada baiknya jika orangtua memperhatikan bahan dasar mainan tersebut, sehingga tidak memperbesar potensi terjadinya cedera atau menyebabkan luka terbuka. 

Salah satu jenis bahan mainan yang relatif aman untuk anak adalah mainan dari kayu. 

Apa saja jenis dan macam mainan kayu untuk anak usia 3 tahun ke atas yang bisa dipertimbangkan?

Jenis dan macam

Berikut beberapa jenis dan macam mainan kayu untuk anak usia 3 tahun ke atas beserta kegunaan dan manfaatnya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:
  • Aneka binatang. Mainan kayu yang berbentuk aneka binatang bermanfaat untuk mengenalkan nama dan ciri-ciri fisik binatang pada anak semenjak dini. Mainan aneka binatang yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan kaki yang elastis, juga bermanfaat untuk mengembangkan daya kreatifitas anak dalam bermain.
  • Jam-jaman. Mainan kayu yang berbentuk jam bermanfaat untuk mengenalkan konsep angka serta pengenalan waktu yang sederhana. Mainan jam kayu yang bisa dengan mudah dibongkar pasang serta memiliki aneka warna juga berguna untuk mengenalkan jenis dan macam warna.
  • Sempoa. Mainan sempoa sederhana yang berjumlah sepuluh biji setiap barisnya, sebenarnya berguna untuk melatih dan mengembangkan keterampilan anak dalam berhitung serta mengurutkan bilangan mulai dari yang terkecil sampai terbesar.
  • Salad set. Mainan kayu yang berbentuk aneka potongan buah ataupun sayur, lengkap dengan peralatan makanan seperti garpu dan sendok bermanfaat untuk mengenalkan aneka jenis makanan sehat. Selain pengenalan jenis makanan sehat, pemberian aksesoris tambahan seperti botol mayonaise, botol kecap ataupun botol kecap bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anak dalam pengolahan dan penyajian makanan.
Demikianlah beberapa jenis dan macam mainan kayu untuk anak usia 3 tahun ke atas beserta kegunaan dan manfaatnya yang bisa dipertimbangkan orangtua. 

Akan lebih baik apabila mainan kayu yang digunakan untuk bermain anak tidak mengandung cat yang mudah mengelupas sehingga meminimalkan resiko tertelan oleh anak.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik