Membuat Anak Lelaki Gemar Membaca

Anak laki-laki dan perempuan memiliki kesenangan bahan baca yang berbeda.

Dan biasanya yang lebih menjadi tantangan adalah dalam membuat anak lelaki dalam membangun kebiasaan membaca.


Adalah penting bagi orang tua dan pengajar untuk mengetahui preferensi dari anak lelaki dalam hal bacaan hingga kemudian bisa melakukan penyikapan yang bersesuaian.

Apa sih yang disukai oleh anak laki-laki? Mari kita lihat daftarnya:

1. Apa-apa yang menjijikkan

Iya, benar. Anak laki-laki menyukai cerita yang di sana ada bagian yang menjijikkan: kentut, bersendawa, muntahan, ingus dan yang semacamnya.

2. Kekerasan

Anak laki-laki menyukai bacaan yang di sana ada kekerasan (perang, perkelahian)

3. Humor

Sama seperti mereka yang menyukai kekerasan, anak laki-laki secara alami cenderung menyukai bacaan yang lucu-lucu.

4. Beri kesempatan memilih

Anak lelaki merasa ingin punya kuasa atas pilihan mereka, baik apa yang mereka tulis maupun baca. Maka biarkan mereka memilih apa-apa yang menarik perhatian mereka, dan bukannya kita kemudian memilihkan untuk mereka.

5. Non Fiksi

Anak lelaki seringkali membaca untuk suatu maksud tertentu, bukan sekedar untuk hiburan. Mereka suka membaca tentang fakta. Olahraga, komputer, sejarah, musik, gurauan, hobi, sulap, biografi, dan lain sebagainya.

6. Superhero

Anak lelaki menyukai action, dan siapa lagi yang lebih aktif kalau bukan superhero, yang menghabiskan harinya melawan kejahatan?

Anda bisa berbicara dengan anak lelaki Anda tentang kebaikan versus kejahatan; simbolisme para tokoh pahlawan (mengapa batman berkostum seperti kelelawar?). Dilema yang dihadapi oleh para superhero dan bahkan Anda bisa mendorong anak Anda untuk menciptakan sendiri dan menuliskan tentang superhero bikinannya.

7. Sedikit bicara

Jika Anda ingin berbicara dengan anak lelaki tentang membaca, jangan ceramahi dia; bicara yang singkat-singkat saja. Tiga menit, bukan 15 menit. Bila Anda ingin membuat membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan anak lelaki Anda, banyak berbuat dan sedikit berbicara adalah kuncinya.

8. Lebih banyak gerak

Anak lelaki butuh bergerak.

Akan susah bagi beberapa anak lelaki untuk duduk diam sementara Anda membacakan sesuatu kepada mereka. Jangan lantas jadi kesal manakala dia ternyata keluyuran di dalam ruangan sementara Anda sedang membacakan untuk dia – dia tetap mendengarkan kok.

Malahan, jangan-jangan akan lebih mudah baginya untuk mendengar dengan bergerak.

9. Beraktivitas secara fisik dengan buku

Ambil sekian banyak buku, lalu tumpuk jadi satu.

Setelah itu, perkenankan anak lelaki Anda mencari sendiri buku-buku yang dia inginkan. Buat dia berinteraksi secara fisik dengan buku-bukunya.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik