Memperkenalkan Makanan Padat Pertama Pada Bayi

Mengenalkan makanan padat pertama pada bayi memerlukan kesabaran dan ketekunan dari orang tua.

Makanan Padat Pertama Pada Bayi

Ada berbagai langkah awal untuk mengenalkan makanan padat pada bayi sehingga pencernaan bayi tidak akan kaget yang bisa menimbulkan berbagai reaksi yang merugikan seperti diare.

1. Makanan Padat

Kenalkan makanan padat secara perlahan-lahan dan satu per satu untuk mengetahui reaksi tubuh bayi terhadap makanan tersebut.

Pengenalan yang perlahan ini untuk membantu sistem pencernaan bayi yang memang belum sempurna untuk beradaptasi dengan makanan yang masuk ke tubuhnya. Berilah makanan netral yang berisiko rendah mengundang reaksi alergi seperti tepung beras, apel, wortel, daging ayam.

2. Posisi Makan

Pastikan posisi bayi Anda dalam keadaan duduk atau setengah duduk sehingga kepalanya lebih tinggi dari perutnya untuk menghindari resiko tersedak.
Disarankan untuk memakai kursi makan bayi (high chair) untuk sekaligus mengenalkan budaya makan bersama seluruh keluarga.

3. Menelan Makanan

Terkadang bayi akan memuntahkan semua makanan yang masuk ke mulutnya. Hal ini disebabkan adanya reflex bayi yang ingin memuntahkan semua yang masuk ke dalam mulutnya.

Ini tidak akan berlangsung lama dan selama bayi Anda antusias dengan acara makan ini maka Anda bisa terus menyuapinya.

4. Porsi Makanan

Seiring dengan pertambahan usia bayi dan kebutuhan makannya, Bunda bisa menambah porsi makannya.

5. Ketrampilan Makan

Biarkan si kecil untuk menggenggam sendok atau garpu makannya.

Ini akan melatih perkembangan motorik halusnya. Yang perlu diperhatikan, berikan sendok garpu dari melamin yang ujungnya tidak tajam sehingga aman dipakai bayi Anda.

6. Susu Formula

Tetap diberikan untuk menunjang kebutuhan gizi si kecil.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik