Mengatasi Anak Ngompol Dengan Mudah

Tips mengatasi anak ngompol dengan mudah ini bisa diterapkan dirumah, anak – anak yang masih mengompol biasanya sering kali membuat para orang tua merasa jengkel, ditambah lagi dengan usianya yang sudah besar.

Penyebab anak ngompol ini biasanya ada berbagai macam, contohnya seperti terjadi infeksi yang ada disaluran kemih serta adanya gangguan yang terjadi di sistem syaraf karena tekanan pada psikologisnya.


Penyebab ngompol yang berikutnya karena anak belum terbiasa untuk pergi ketoilet, atau bisa jadi juga karena orang tua selalu memberinya popok sehingga ia pun merasa tak perlu lagi untuk pipis di luar.

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara mengatasi anak ngompol dengan mudah.

Ini Dia Tips Mengatasi Anak Ngompol Dengan Mudah

  1. Gunakan Karpet

Salah satu tips mengatasi anak ngompol yang pertama adalah dengan menggunakan karpet, karpet ini bisa berfungsi saat anak mengompol di malam hari dan anda pun tidak mengetahuinya. Biasanya, anak yang berusia satu setengah tahun masih mengompol dan belum terbiasa untuk pipis di toilet, oleh karena itulah anda bisa menggunakan karpet agar kasurnya tidak basah.
  1. Tanya Anak

Menanyakan pada anak apakah ia mau pipis atau tidak ini juga sangat penting, selain itu juga ketika anak baru saja bangun tidur maka ajarkan ia untuk pipis terlebih dahulu ke toilet. Dengan cara ini ia pun akan terbiasa bahwa setelah bangun tidur, maka harus pergi atau mengatakan bahwa ia ingin pipis.
  1. Pipis Sebelum Tidur Malam

Tips mengatasi anak ngompol yang berikutnya adalah dengan membiasakan anak untuk pipis terlebih dulu sebelum tidur, cara ini bisa mencegah nya untuk ngompol di tengah malam. Karena jika sebelumnya ia sudah pipis, maka biasanya saat tengah malam pun ia akan tertidur lelap. Setelah anak pipis, biasakan untuk menasehatinya agar terbiasa untuk pipis di toilet atau di dapur karena umurnya sudah besar dan harus bisa pipis dengan benar.
  1. Jangan Terlalu Banyak Memberinya Minum

Anak yang terlalu banyak minum sudah pasti akan terlalu sering pipis, karena hal inilah biasanya sang anak merasa malas untuk pipis di toilet sehingga ia pun mengompol di celananya. Sebagai orang tua, berusahalah untuk membatasi air pada anak, terlebih sebelum ia tidur di malam hari.
  1. Bisikkan Pada Anak

Sebelum ia tidur lelap, biasakan untuk memberitahu nya bahwa jika merasa ingin pipis maka harus segera ke kamar mandi, karena jika tidak maka kasur nya akan basah dan ia pun tak bisa tidur nyenyak. Dengan cara ini, maka anak akan selalu mengingatnya setiap malam.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik