Mengenal Jenis Jenis Penyakit Anak Usia 1-5 Tahun

Saat anak berusia satu smapai lima tahun biasanya ada berbagai penyakit yang akan dialaminya, penyakit anak usia 1-5 tahun ini bisa berbagai macam, contohnya saja seperti demam, flu dan masih banyak lagi.

Apabila orang tua tidak mengetahui cara mencegah penyakit demam atau pun flu ini, maka sudah pasti saat anak terkena penyakit akan merasa khawatir  dan takut terjadi apa apa.

Untuk menambah wawasan para bunda, berikut ini penulis akan memberikan beberapa jenis penyakit anak usia 1-5 tahun yang harus diketahui, setelah memahaminya maka sudah pasti kita bisa mencegah serta mengatasi penyakit itu.

Penasaran bukan? Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Beberapa Jenis Penyakit Pada Anak Usia 1 Sampai Dengan 5 Tahun

  1. Penyakit campak

Salah satu jenis penyakit anak usia 1-5 tahun yang pertama adalah terkena penyakit campak, penyakit ini merupakan penyakit yang menular yang ada disepanjang tahun anak tanpa mengenal musiman. Gejala penyakit campak yang bisa dilihat langsung seperti anak menderita batuk, adanya bercak putih yang terdapat dibagian mulutnya dan juga mengalami demam tinggi.
Untuk mencegah penyakit ini, biasakan untuk melakukan pencegahan dengan mengajak anak untuk imunisasi secara rutin setiap bulannya, meskipun imunisasi ini tidak bisa menjamin anak terkena campak tetapi setidaknya tidak akan berbahaya seperti anak yang tidak ikut imunisasi.
  1. Terkena Penyakit Cacar

Cacar juga biasanya terjadi pada anak yang usianya satu sampai dengan lima tahun, cacar air ini bisa dikarenakan adanya virus atau bakteri yang menyerang bagian kulit anak sehingga membentuk luka dan berisi air. Gejala awal penyakit cacar ini biasanya kondisi anak yang merasa tidak nyaman, adanya ruam dan demam tinggi.
Untuk mengatasi cacar air ini biasakan untuk memberikan vaksinasi secara rutin, selain itu juga jangan lupa untuk meminta saran dokter atas penyakit yang diderita oleh anak. Karena dokter biasanya mempunyai cara yang terbaik untuk merawat anak.
  1. Penyakit Diare

Penyakit anak usia 1-5 tahun yang terakhir adalah terkena diare, diare ini ada banyak faktor penyebab nya contoh seperti jenis makanan yang tidak cocok pada anak, sehingga membuat sistem pencernaannya tidak lancar seperti biasa. Gejala awal pada diare ini biasanya sering buang air, bahkan dalam satu jam bisa sampai lima kali ke toilet.
Untuk mengatasi masalah diare ini, anda bisa memberikan ramuan oralit tradisional yang bisa dibuat sendiri, jangan langsung memberikan obat warung pada anak, karena bisa membahayakan kesehatan dan pencernaannya yang masih lemah.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik