Neutropenia Pada Anak

Siapapun pasti tidak menginginkan seorang anaknya terjangkit suatu penyakit apapun, termasuk juga penyakit neutropenia pada anak.

Penyakit ini disebut dengan naman neuropenia karena digunakan untuk menyebutkan jumal neutrofil yang terlalu rendah atau sedikit di dalam darah. Neutrofit sendiri adalah sel darah putih yang memiliki fungsi untuk melawan setiap infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Neutropenia Pada Anak


Gejala ini tidak bisa dianggap sebagai sebuah hal yang remeh karena melemahkan daya tahan dari tubuh si penderita.

Jumlah neutrofit yang tidak normal dalam artian sangat sedikit tentu saja mempengaruhi kinerja dari sel darah putih dalam melawan infeksi yang ada di tubuh. Karena neutrofit yang terlalu sedikit tersebut maka akan sangat rawan sekali bagi tubuh seseorang yang menderita untuk terkena infeksi.

Neutrofit diproduksi oleh sumsum tulang yang nantinya akan disebar kemanapun neutrofit tersebut dibutuhkan.

Namun bagi penderita nutropenia kondisinya tidak seperti orang normal.

Jika pada orang normal kemampuan produksi neutrofitnya sangat berimbang sesuai dengan kebutuhan maka pada neutropenia sebaliknya. Meskipun sebenarnya sumsum tulang telah memproduksi neutrofit tetapi jumlah yang dibutuhkan tidak sebanyak yang diperlukan.

Dalam artian proses produksi neutrofit yang dilakukan oleh sumsum tulang sangatlah lambat.

Kondisi neutropenia pada anak atau orang dewasa bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Adanya infeksi dari berbagai virus dan bakteri yang mampu menyebabkan seseorang mengalami neutropenia. Misalnya adalah HIV.
  2. Penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi seseorang kadang kala membahayakan bagi kesehatan sumsum tulang. Dengan demikian akan mempengaruhi produksi dari neutrofit.
  3. Kemoterapi kanker juga memiliki andil dalam penyebab neutropenia.
  4. Penyakit sumsum tulang.
  5. Adanya penyakit bawaan pada sumsum tulang yang mempengaruhi jumlah produksi neutrofit.
  6. Pengaruh dari adanya radiasi
Beberapa hal tersebut di atas adalah penyebab dari kondisi neutropenia pada anak atau pun orang dewasa.

Jika saat anda saat ini belum terkena penyakit neutropenia maka hendaklah berhati-hati terhadap penggunaan obat yang bisa berpengaruh pada sumsum tulang belakang.

Bahayanya penyakit neutropenia pada anak atau pada orang dewasa maka perlu mendapatkan perhatian khusus karena sifatnya yang merusak antibodi sehingga sangat rawan sekali bagi penderita untuk terkena infeksi.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik