Tengkurap Pada Bayi & Cara Melatihnya

Kaget & kagum. Begitulah perasaan para orang tua di waktu melihat si kecil sudah bisa tengkurap sendiri. 
 
Para orang tua yang menunggu moment dimana bayinya bisa tengkurap, Mereka berpikir bahwa buah hatinya telah menguasai kepandaian baru.

Tengkurap Pada Bayi

Hal diatas memang benar adanya. 
 
Tengkurap merupakan proses penting dari  tahapan perkembangan &  kemampuan motorik si kecil sebelum dia bisa menuju ke perkembangan yang selanjutnya:  yakni merangkak, duduk sampai akhirnya bisa berjalan. 
 
Pada awalnya, semua itu terpusat serta dimulai dari kemampuan bayi untuk tengkurap, bila bayi belum dapat tengkurap sendiri, maka bisa dipastikan perkembangan motorik selanjutnya akan terhambat pula.
Proses tengkurap: Kegiatan membalik tubuh atau badan dimana posisi perut ada dibagian bawah untuk titik tumpuannya. yang paling penting harus dan wajib diingat oleh para orang tua khususnya para orang tua yang baru dikaruniai buah hati adalah DILARANG membiarkan bayi  tengkurap ketika dia sedang tertidur serta tanpa pada pengawasan. 
 
 
Hal ini untuk menghindari, waktu bayi tengkurap dalam keadaan tertidur, sangat berpotensi menyebabkan terjadinya Suddent Death Infant Syndrome (SDIS) yang bila diatikan ke bahasa Indonesia: kematian bayi ketika mereka tertidur.
 
Perkembangan & kemampuan tengkurap pada satu bayi dengan bayi lain berbeda-beda. 
 
Ada beberapa bayi yang sudah bisa menengkurapkan dirinya saat berusia 2 bulan, ada yang sebagian lainnya ketika bayi berusia 3 sampai 4 bulan. Itu mengartikan, proses perkembangan tengkurap bayi berbeda dan tidak dapat disamakan. secara umum bayi normal akan mulai bisa tengkurap sendiri disaat usia 3 - 6 bulan.
Bagi para orang tua jangan terlalu khawatirkan bila bayi anda mengalami telat untuk proses tengkurap sendiri dibandingkan dengan bayi lain sebab banyak faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan si kecil untuk bisa tengkurap sendiri, salah satu fakornya adalah berat badan bayi yang gemuk.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Menciptakan “Healthy Eat” Pada Anak

Manfaat Mainan Skuter

Menanamkan Kebiasaan Baik